expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'> Konsep Dasar Keperawatan | Ilmu keperawatan
RSS

Konsep Dasar Keperawatan


Konsep keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang bersifat profesional dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia (biologis, psikologis, sosial, dan spiritual) yang dapat ditujukan pada individu, keluarga atau masyarakat dalam rentang sehat-sakit.

Pada hakekatnya keperawatan adalah suatu profesi yang mengabdi kepada manusia dan kemanusiaan. Pelayanan keperawatan merupakan bentuk keperawatan yang bersifat humanistik dengan menggunakan pendekatan holistik, berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan.

Pengertian keperawatan menurut beberapa ahli:
Hildegard Peplau mengemukakan bahwa keperawatan adalah suatu proses interpersonal yang bermakna. Proses interpersonal merupakan “maturing force” dan alat edukatif baik bagi perawat maupun klien. Pengetahua diri dalam konteks intreaksi interpersonal merupakan hal yang penting untuk memahami klien dan mencapai resolusi masalah.

Faye Abdella merumuskan bahwa keperawatan sebagai pelayanan kepada individu dan keluarga yang berarti pula pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan keperawatan yang diberikan berdasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan yang mengintegrasikan sikap, kemampuan intelektual, serta kemampuan teknikal perawat yang menjadi keinginan dan kemampuan untuk menolong sesama baik sakit maupun sehat agar mampu memenuhi kebutuhan kesehatannya.

Dorothea Orem menyatakan bahwa keperawatan adalah pelayanan yang membantu manusia dengan tingkat ketergantungan sepenuhnya atau sebagian. Keperawatan merupakan tindakan yang dilakukan dengan sengaja dan mempunyai tujuan suatu fungsi yang dilakukan perawat karena memiliki kecerdasan,serta tindakan yang memungkinkan pemulihan kondisi secara manusiawi pada manusia dan lingkungannya.

Florence Nightingale
(1895), keperawatan adalah menempatkan pasien alam kodisi paling baik bagi alam dan isinya untuk bertindak
Calilista Roy (1976) mendefinisikan keperawatan merupakan definisi ilmiah yang berorientasi kepada praktik keperawatan yang memiliki sekumpulan pengetahuan untuk memberikan pelayanan pada klien.

Lokakarya Keperawatan (1983), keperawatan sebagai suatu bentuk pelayanan kesehatan, didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk keperawatan bio-psiko-sosio-spiritual yang komperhensif, ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia. Pelayanan keperawatan berupa bantuan yang diberikan karena adanya kelemahan fisik dan mental, keterbatasan pengetahuan, serta kurangnya kemauan menuju kepada kemampuan melaksanakan kegiatan sehari-hari secara mandiri.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa keperawatan adalah upaya pemberian pelayanan/ asuhan yang bersifat humanistik dan profesional, holistik berdasarkan ilmu dan kiat, standar pelayanan dengan berpegang teguh kepada kode etik yang melandasi perawat professional secara mandiri atau melalui upaya kolaborasi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment