expr:dir='data:blog.languageDirection' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'> Psikologi Keperwatan | Ilmu keperawatan
RSS

Psikologi Keperwatan


Psikologi dan keperawatan mempunyai hubungan yang cukup erat. Psikologi mempelajari tentang manusia. Tugas pokok perawat adalah merawat pasien untuk mempercepat penyembuhan. Dan yang dirawat oleh perawat adalah manusia yang mempunyai akal budi dan perasaan. Setiap manusia tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Disinilah letak hubungan antara psikologi dan keperawatan. Perawat menerapkan ilmu psikologi untuk mempercepat proses penyembuhan.

Gunarsa dan Gunarsa menyatakan bahwa perawat sebagai seorang yang telah dipersiapkan melalui pendidikan untuk turut serta merawat dan menyembuhkan orang sakit, usaha-usaha rehabilitasi, pencegahan penyakit, yang dilaksanakan sendiri atau dibawah pengawasan dokter atau suster kepala.

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan kehadiran manusia lain untuk dapat berinteraksi. Oleh kerena itu perawat diharapkan dapat memberikan dukungan psikologi kepada pasiennya selain dukunga dari keluarganya untuk mempercapat proses penyembuhan.

Bentuk-bentuk dukungan sosial atau psikologi dapat berupa:
1. Kesempatan untuk bercerita
2. Meminta pertimbangan
3. Bantuan nasehat
4. Tempat berkeluh kesah tentang penyakit yang diderita
5. Memotivasi untuk kesembuhan pasien

Seorang perawat di dalam kerjanya perlu mengembangkan perasaan bahwa dia adalah seorang yang dibutuhkan, mencintai, memanusiakan orang lain dan menolong sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari uraian diatas tentang konsep dan definisi psikologi adalah ilmu pengetahuan, yang pada mulanya tergabung pada filsafat, yang mempelajari tingkah laku manusia dengan pendekatan ilmiah. Perilaku manusia tersebut ditinjau dari beberapa metode pendekatan sebagai suatu ilmu maka psikologi memiliki beberapa ciri serta tugas atau fungsi tertentu.
Seorang perawat perlu mempelajari psikologi karena nantinya perawat akan berinteraksi dengan banyak orang termasuk dalam merawat pasien sehingga perlu memahami perilaku manusia dari segi psikologis pula.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment